Kudus Ekspo Raih 40.249 Pengunjung


KUDUS - Kudus Ekspo 2019 yang dimulai sejak 11-15 Oktober berhasil menarik 40.249 pengunjung baik dari Kudus maupun luar kota. Sedangkan untuk pengunjung terbanyak jatuh pada hari Sabtu dengan jumlah 14.983 pengunjung.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala dinas UKM Kudus, Bambang Tri Wahyu dalam penutupan Kudus Ekspo 2019 di alun-alun simpang 7 Kudus, Selasa (15/10/2019) kemarin malam.

Jumlah pengunjung yang banyak tersebut berdampak pada transaksi penjualan 60 UKM dan 2 koperasi dengan jumlah transaksi mencapai 1,2 milyar.

"Alhamdulillah semakin banyak pengunjung maka semakin banyak transaksi. Itu baru yang UKM binaan, belum lagi stand-stand yang berada di luar," jelas Bambang. 

Sedangkan Plt. Kudus, Muhammad Hartopo bersyukur produk-produk kerajinan maupun kuliner kota Kudus banyak diminati pengunjung. Menurutnya hal tersebut tak lepas dari kreativitas dan inovasi masyarakat Kudus yang luar biasa.

"Semoga UKM kudus tak hanya berkiprah nasional saja tetapi bisa mencapai skala internasional," harapnya. 

Terakhir Hartopo mengumumkan juara stand terbaik kategori OPD. Juara 1 oleh Dinas Pertanian dan Pangan, juara 2 oleh Kecamatan Dawe, dan juara 3 oleh BPM PT SP. Sedangkan untuk kategori IKM juara 1 oleh Kopi Tasty Muria, juara 2 oleh Muria Bakti, dan juara 3 oleh BKM Muria Indah Go Green.

Salah satu pemenang stand terbaik kategori IKM, Shinta Dwi Mutiarani mengaku tak menyangka stand yang dimilikinya menjadi juara 1. 

"Sebenarnya ini bukan pertama kali mendapat pernghargaan sebagai stand terbaik. Kemarin ketika Kudus ekspo di Balai Budaya Kudus kopi tasty juga mendapatkan juara stand terbaik," ungkapnya. (Falis)