Bikin Animasi "Yusuf dan Alana", KKN DR 62 Ajukan Hak Cipta Maskot

KAMPUS, PARIST.ID- Adanya KKN DR yang berjalan selama 2 bulan kemarin memang bisa menjadi alternatif meningkatkan skill di bidang illustrasi. Salah satunya KKN IK DR IAIN Kudus kelompok 62 yang menciptakan animasi edukasi "Yusuf dan Alana". Guna mengapresiasi hak kepemilikan, KKN DR 62 turut mengajukan hak cipta maskot Yusuf dan Alana. 

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Kelompok 62, Pancaningrum, mengatakan, Hak Kekayaan Intelektual (HKI) saat ini sedang diajukan. Langkah ini diambil untuk melindungi hak cipta atas Yusuf dan Alana serta demi kebaikan Prodi PIAUD sehingga bisa menambah poin saat mengajukan akreditasi Prodi lagi.  "Semoga bisa diterima dan keluar sertifikatnya," harapnya

Sebagai DPL, ia sangat mengapresiasi kreativitas mahasiswa KKN 62. Selain menghasilkan karya, mereka juga memiliki nilai-nilai positif yang mau terus berkembang dan saling berbagi ilmu dan belajar bersama.

Sejak awal, lanjut Pancaningrum, selalu menekankan agar di KKN ini tidak tertinggal oleh zaman dengan menggunakan keterampilan IT sehingga produk yang dihasilkan bisa luar biasa.

"Mahasiswa KKN kelompok 62 yang saya bimbing ini termasuk anak-anak yang responsif dan mau belajar. Apalagi ternyata memang ada yang sudah menguasai IT lebih dari teman-temannya," tambahnya.

Ia juga mengatakan, Alana dan Yusuf adalah milik tim jadi akan tetap milik tim. "Ke depan Alana dan Yusuf bisa tetap eksis memberikan edukasi kepada masyarakat baik melalui youtube atau instagram," tandasnya.

Ketua Kelompok KKN DR 62, Satriani Qurrota A'yun,  menjelaskan, inisiatif awal dari adanya pembuatan animasi ini karena ingin memunculkan karakter khusus dari prodi Piaud. 

"Target awal kita tidak hanya anak-anak, tetapi juga ibu-ibu dengan tujuan menarik minat mereka ketika melihat-lihat media sosial kita," jelas A'yun.

Kebetulan, lanjut A'yun, KKN DR ini waktu yang tepat untuk meningkatkan skill pembuatan animasi kartun anak-anak.  Ia mengaku, animasi Alana dan Yusuf memang tidak secanggih seperti Nussa dan Rara ataupun kartun Indonesia lainya. "Masih bentuk 2D karena memang masih tahap belajar," tambah Mahasiswa PIAUD itu.

Ia juga menambahkan, arti nama Alana dalam bahasa adalah gadis cantik dan berharga, tapi dalam filosofi  Kelompok 62 memiliki harapan yang sangat indah dan suatu saat bisa bermanfaat bagi semua orang.

"Sedangkan yusuf adalah tampan maka kedua nama tersebut menjadi suatu harapan bagi karya kami adalah karya yang bagus indah dan bermanfaat bagi semua orang," bebernya. (Umi Zn)