Iklan

Webinar Sastra, Jokpin Ajak Pembaca Untuk Berkontemplasi

parist  id
Rabu, Maret 24, 2021 | 10:52 WIB
Foto: Istimewa


Surakarta, parist.id – Pandemi Covid-19 seakan membatasi seluruh kegiatan manusia termasuk dalam berkarya. Untuk tetap menjaga konsistensi berkarya dengan segala keterbatasannya, manusia harus mampu beradaptasi dan mengeksplorasi medium baru.

Hal ini diungkapkan oleh Sastrawan Joko Pinurbo dalam Webinar Gelar Panca Pustaka Sastra yang diselenggarakan Dinas Kebudayaan Kota Surakarta melalui Live Streaming Youtube dan Zoom Meeting, pada Selasa (23/03/2021).

“Dalam waktu singkat kita harus beradaptasi dengan teknologi digital karena banyak kegiatan yang dialihkan melalui media daring,” ungkap penyair kelahiran Sukabumi tersebut.

Jokpin, sapaan akrab Joko Pinurbo mengatakan, masa pandemi ibarat masa sabatikal atau masa mawas diri. Artinya, masa ini sangat tepat untuk manusia merenungkan dan merefleksikan kembali laku hidup dengan lebih jernih dan tenang.

“saatnya merenovasi diri, menyusun kembali kemanusiaan yang hancur oleh ambisi sendiri,” kata Jokpin.

Dua naskah puisi ‘Salah Piknik dan Sepotong Hati di Angkringan’ yang berhasil diterbitkan secara bersamaan baru-baru ini, kata Jokpin, adalah sebagai bentuk laku keprihatinan Jokpin terhadap keadaan saat ini.

“Sebetulnya dua karya buku saya hanya untuk itu, mengajak pembaca untuk berkontemplasi (merenung –red) supaya tidak mengalami disorientasi (salah arah –red),” ungkapnya.

Berbeda dengan Jokpin, Sastrawan dan Teaterawan Sosiawan Leak mengatakan bahwa setiap keterbatasan adalah ruang yang maha luas bagi kreativitas.

“pandemi ini kan segala hal dibatasi, jika ingin berkarya maka bebaskan masyarakatnya,” katanya dengan lugas.

Menurut Leak menulis dalam keadaan tenang adalah hal biasa. Baginya, menulis dalam keadaan terancam  akan menjadi tantangan tersendiri.

“Ketika saya berada di tengah khalayak umum seperti naik bus atau transportasi umum, kesempatan itu saya gunakan untuk menulis atau menabung gagasan,” ujarnya. (Aida/Rodhi)

 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Webinar Sastra, Jokpin Ajak Pembaca Untuk Berkontemplasi

Trending Now

Iklan