Best Viral Premium Blogger Templates

Pentingnya Membangun Skill, HMPS Tadris Biologi Gelar Pelatihan Desain Grafis

parist  id
Senin, Mei 16, 2022 | 06:17 WIB
 
Suasana pelatihan desain grafis dengan pemateri Harish Ashfa El Hakim, Sabtu (14/05). Foto : (Hasna/Paradigma) 


PARIST.ID, Kampus – Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Tadris Biologi IAIN Kudus mengadakan Pelatihan Desain Grafis, dengan tema "Membangun Skill Desain Grafis di Era Revolusi Industri 4.0". Pelatihan ini diadakan di Balai Desa Ngembalrejo dengan dihadiri oleh 40 peserta umum dari berbagai universitas, Sabtu (14/05/2022).

Pelatihan Desain Grafis mengundang narasumber Harish Ashfa El Hakim. Ia merupakan Founder & CEO Aish Media Group dan Content Creator. Pelatihan ini diperuntukkan untuk umum dengan free HTM. 

Ketua HMPS Tadris Biologi, M. Ilham Burhanuddin, mengatakan tujuan diadakan pelatihan ini yaitu karena mahasiswa tadris biologi juga ada kaitan khusus pada bagian informasi dan komunikasi, jadi membutuhkan desain untuk dapat menarik perhatian. 

“Tadris Biologi ini memanglah soal sains, tapi untuk dapat lebih menarik dan mudah dipahami maka dipadukanlah antara sains dengan desain grafis,” ujarnya. 

Ilham juga mengungkapkan bahwa periode sebelumnya sudah pernah melakukan pelatihan, cuman dimodifikasi dengan versi yang lebih baik. Modifikasinya dengan lebih menonjolkan ke sistemnya.

Selanjutnya Harish Ashfa menyampaikan bahwa desain ini berbeda dengan menulis. Menulis menunggu ide, dan inspirasi. Sedangkan desain grafis untuk menyampaikan informasi lewat elemen-elemen grafis, dengan layout yang tepat. 

"Ketika membuat desain grafis harus fokus pada satu tujuan. Seorang desain itu harus menjadi solusi, jangan sampai malah membingungkan audien," ungkapnya. 

Desain baik itu yang pertama adalah estetika, yang dilihat dari layoutannya dengan proporsinya yang pas. Kedua yaitu mudah dipahami. Ketiga yaitu prinsip desain. 

"Kalau ada desain yang tidak baik atau tidak sesuai standart, sebetulnya itu bukan salah pembaca maupun audien. Tapi memang desainer ini harus menjadi solusi," tambahnya. 

Selaku Ketua Panitia, Annisa Isro'ul Utami berharap dengan diadakan pelatihan desain grafis dapat bermanfaat untuk mengembangkan skill mahasiswa.

"Semoga dengan adanya kegiatan tersebut kita sedikit banyak dapat membekali peserta dengan dasar-dasar ilmu desain grafis yang berguna untuk mengembangkan skill mereka dalam mendesain"


Reporter : Hasna
Editor : Nada
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pentingnya Membangun Skill, HMPS Tadris Biologi Gelar Pelatihan Desain Grafis

Trending Now