Best Viral Premium Blogger Templates

Latih Kader Menulis, Resensi Menjadi Bahasan Utama dalam Kataman Kata

parist  id
Minggu, April 09, 2023 | 11:00 WIB
Penyampaian materi oleh Arif Rohman. (foto: dokumentasi panitia)


Kampus, PARIST.ID - Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Paradigma IAIN Kudus kembali melaksanakan Kataman Kata pada bulan Ramadhan. Pokok bahasan dan latihan utama berfokus pada penulisan resensi. Kegiatan bertempat di ruang K3 Kampus Timur IAIN kudus pada Sabtu, (08/04/23).

Makna dari Kataman Kata di sini adalah setiap peserta wajib menyelesaikan satu buku bacaan.  Tak hanya itu peserta harus memahami makna yang terkandung dalam buku dan juga meresensi buku tersebut.

Menggandeng penulis resensi di bukumelulu.blogspot.com sebagai pemateri, Arif Rohman menyebutkan dua hal yang harus dilakukan penulis sebelum meresensi. Di antaranya yaitu kliping dan pencatatan. Sebelum memasuki materi, seluruh peserta diminta menyebutkan dan menjelaskan sedikit mengenai buku apa yang akan diresensi.

"Sebelum membuat resensi, kumpulkan dulu contoh-contoh resensi, kumpulkan data-data dari buku, catat poin-poin penting yang bisa diangkat untuk resensi," begitu tips awal yang diberikan oleh Arif.

Ada 6 langkah dari Arif yang perlu dilalui oleh resensator. Mulai dari membaca, mencatat, draft, edit, endapkan, dan deadline.

"Baca beberapa kali, pahami, catat poin penting, tulis secara kasar, kemudian diedit. Setelah itu baca ulang dan edit ulang. Jangan lupa memberi deadline agar tulisan tidak stuck di tahap editing terus menerus."

Ia juga memberikan pengarahan kepada peserta untuk tidak menulis sambil mengedit. Menurutnya hal itu membuat tulisan tidak akan selesai-selesai. 

"Tulis saja terus, tuangkan dulu semuanya. Nanti baru diedit," ucap Arif.


Reporter: Eka Rizkia 
Editor: Irma Noviana

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Latih Kader Menulis, Resensi Menjadi Bahasan Utama dalam Kataman Kata

Trending Now