Best Viral Premium Blogger Templates

Kuliah Kerja Lapangan, KPI IAIN Kudus adakan kunjungan ke TVKU Semarang dan Solopos

parist  id
Selasa, Juni 20, 2023 | 05:48 WIB

 

Forum dikusi KKL KPI IAIN Kudus. (Dok. penulis)


Kuliah Kerja Lapangan ( KKL ) adalah salah satu mata kuliah semester 6 di Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam ( KPI ) IAIN Kudus, salah satu agenda KKL berupa Workshop Vokasi tentang Evaluatif dan Produktif dalam Bermedia Sosial dilaksanakan pada Kamis, (11/05/2023)

Demi menunjang produktivitas mahasiswa, KKL angkatan 2020 mengadakan kunjungan di dua tempat, yaitu TVKU Semarang dan SOLOPOS, Senin (22/05/2023). 

Kunjungan KKL kali ini mengajak mahasiswa untuk melihat secara langsung bagaimana teknis praktik penyiaran TV maupun Radio, pembuatan berita, dan juga percetakan.

KKL ini diikuti oleh Wakil Dekan I Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam (FDKI), Dr. Ahmad Zaini,Lc., M.S.I., Kepala Program Studi KPI, Suciati,M.Pd., beserta para dosen selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dan seluruh mahasiswa KPI angkatan 2020. 

Dalam sambutannya, Ahmad Zaini berharap memperoleh informasi sebanyak-banyaknya, sehingga dapat memanfaatkan fasilitas kampus dengan baik dan maksimal.

" Kita sudah punya peralatan yang cukup memadai, tapi kita juga perlu belajar dari tempat lain, dengan harapan kita semua bisa memanfaatkan fasilitas yang sudah tersedia di kampus dengan baik" ucapnya.

TVKU Semarang, tepatnya di Universitas Dian Nuswantoro Semarang menjadi tempat kunjungan pertama dikegiatan KKL ini. Para Mahasiswa antusias untuk belajar mengenai praktik siaran televisi yang ada di TVKU berupa siaran berita, pembuatan film animasi, talkshow, dan juga pembuatan konten media sosial. 

Andita selaku kepala produksi mengatakan bahwa pengaruh keberlangsungan TVKU adalah faktor kemajuan teknologi. TVKU memaksimalkan produksi sebagai televisi lokal, penyesuaian dengan kebutuhan masyarakat, dan juga pengelolaan media sosial sebagai digitalisasi sebagai bentuk eksistensi.

Setelah penyampaian materi tentang produksi TVKU, para mahasiswa berkesempatan untuk melihat ruang produksi. Mulai dari ruangan talkshow, pembuatan berita, ruang green screen, dan juga ruang produksi program kuliner. 

" TVKU mempunyai beberapa program yaitu campus corner , campus on TV, sapa dosen, animasi in action, nyicip, high school forum, dan spesial talkshow" jelas Andita.

Pada Kunjungan kedua, para mahasiswa mengunjungi Solopos Media Grup (SMG), disana mereka belajar mengenai proses kerja jurnalistik dan media penyiaran. 

Damar Sri Prakoso selaku tim redaksi menjelaskan bahwa dalam pembuatan berita diperlukan 3 hal, yaitu observasi, wawancara, dan riset data. Tak hanya itu, Damar juga menjelaskan bahwa berita yang dibuat harus aktial, faktual, informatif, menarik dan memiliki news value. 

Pada akhir sesi, para mahasiswa mengamati ruang produksi dalam proses pembuatan berita di dapur redaksi hingga proses cetak menjadi koran. Selain itu, mahasiswa juga mengunjungi ruangan produksi radio, dan berkesempatan melihat bagaimana proses siaran.

Kemudian KKL ditutup dengan kunjungan menuju ke Masjid Sheikh Zayed, Solo. (Kisti)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kuliah Kerja Lapangan, KPI IAIN Kudus adakan kunjungan ke TVKU Semarang dan Solopos

Trending Now