Mahasiswa Akhwal Syahsiyyah Ikuti Pelatihan Rukhyatul Hilal


JEPARA - Mahasiswa Akhwal Syahsiyyah fakultas Syari'ah IAIN Kudus ikuti pelatihan Rukyatul Hilal dan doa bersama menjelang Ujian Tengah Semester (UTS) di Pantai Kartini Jepara, Jumat (05/04/ 2019).

Pelatihan Rukyatul Hilal yang didampingi langsung oleh kepala tim ahli badan hisab rukyat daerah Kudus, Muhammad Agus Yusrun Nafi' tersebut diadakan setiap satu tahun dua kali, yaitu pelatihan penentuan awal bulan Sya'ban di akhir bulan Rajab, dan penentuan awal bulan Ramadhan di akhir bulan Sya'ban yang diadakan oleh Fakultas Syariah.

salah seorang mahasiswa program studi ahwal syakhsiyyah mencoba melihat hilal
Ketua program studi Ahwal Syakhsiyyah, Fuad Riyadi mengatakan mahasiswa lulusan Fakultas Syari'ah harus memiliki kemampuan dalam menentukan awal bulan hijriyah, karena salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh lulusan mahasiswa syariah adalah ahli ilmu falak.

"Diadakannya pelatihan rukyatul hilal ini adalah untuk memberi bekal kepada mahasiwa agar setelah lulus nanti memiliki kemampuan di bidang ilmu falak," jelas Fuad.

Selain itu, Nailul Mubarok, mahasiswa Ahwal Syakhsiyyah semester empat mengaku senang mengikuti pelatihan rukyatul hilal. Menurutnya pelatihan tersebut memilili banyak manfaat untuk mahasiswa. Seperti mengetahui alat-alat untuk merukyat hilal sekaligus bisa menggunakan alat tersebut secara langsung untuk melihat hilal.

"Saya senang, dengan mengikuti pelatihan  ini mahasiswa bisa tau caranya menentukan awal bulan Sya'ban," Ungkapnya. (Ifa)