Launching Rumah Moderasi Beragama, Zainut Tauhid Sa'adi Apresiasi IAIN Kudus


Kudus, Parist.id - Wakil menteri agama Zainut Tauhid Sa'adi mengapresiasi pembangunan Rumah Moderasi Beragama di IAIN Kudus yang di launching pada Jumat, (14/02/2020) di aula SBSN lantai dua kampus timur IAIN Kudus. 

Dalam launching tersebut, Zainut Tauhid mengungkapkan apresiasinya kepada IAIN Kudus karena menjadi salah satu kampus yang termasuk assabiqunal awwalun (terdahulu)  dalam membangun Rumah Moderasi Beragama. dan berpesan agar rumah moderasi tidak hanya namanya saja namun harus diikuti dengan landasan konsep yang mapan.

"Saya sangat mengapresiasi pembangunan rumah moderasi beragama di kampus IAIN Kudus ini," Ucapnya.  

Sementara itu, dalam sambutannya, Rektor IAIN kudus, Mudzakir mengatakan Rumah Moderasi Beragama akan menjadi tempat penyemaian, edukasi, pendampingan, pengaduan, dan penguatan atas wacana dan gerakan moderasi beragama di lingkungan kampus .

"Kami akan berusaha mengembangkan kampus lebih luas lagi dan IAIN kudus akan melahirkan para akademisi yang berwawasan moderat dan cinta NKRI", Pungkasnya.
Zainut Tauhid (Wakil Menteri Agama), memberikan pidatonya dalam acara launching Rumah Moderasi
Dilansir dari kemenag.go.id bahwa dasar formal pendirian rumah moderasi beragama adalah arah kebijakan Menteri Agama RI periode 2019-2024 dan Surat Edaran DIRJEN PENDIS Nomor B-3663.1/Dj.I/BA.02/10/2019 tertanggal 29 Oktober 2019 tentang Edaran Rumah Moderasi Beragama dan setiap PTKIN diintruksikan untuk memiliki Rumah Moderasi Beragama. 

"Bagi IAIN Kudus,moderasi beragama merupakan out put dan outcome dari visi dan misi," Lanjut Mudzakir 

Terakhir Zainut Tauhid juga berharap kepada mahasiswa untuk saling merangkul bukan memukul, mengajak bukan mengejek, dan melalui rumah moderasi ini diharapkan mampu memperkuat di bidang riset dan akan tercipta lingkungan yang moderat.

Dalam Seminar Nasional keagamaan sekaligus launching rumah moderasi beragama IAIN Kudus yang mengusung tema Refleksi Moderasi Beragama di Kudus dalam Bingkai Ilmu Islam Terapan ini, wakil ketua menteri Agama sekaligus wakil ketua MUI ini juga mengajak dan mengingatkan bahwa sebagai tokoh, ulama dan para akademisi harus memiliki keberanian dan berani bangkit perangi radikalisme. 
Zainut Tauhid memukul Gong sebagai simbolis peremian Rumah Moderasi.

"Mari bangkit  kita lakukan perlawanan dari gerakan-gerakan radikalis, Karena diam seolah-olah benar," Tegas Zainut. 

Hadir dalam acara tersebut Zainut Tauhid (Wakil Menteri Agama), kepala kantor Kemenag se-karisidenan Pati, Plt kepala kantor Provinsi Jateng, rektor IAIN kudus, para wakil rektor dan jajarannya, dosen, serta mahasiswa. (if)