Perdana, MATRA Jepara Akan Gelar Pementasan Seni Budaya

JEPARA, PARIST.ID - Untuk pertama kalinya, Masyarakat Adat Nusantara (Matra) Jepara akan menggelar pementasan seni budaya Nusantara. Berpusat di Lapangan Desa Karangnongko, Kecamatan Nalumsari Jepara acara akan berlangsung pada Sabtu, (22/02/2020) mendatang. 

Pasalnya, Matra Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Jepara yang berdiri sejak 24 November 2018 akan menampilkan berbagai macam kreasi seni budaya anak bangsa. Diantaranya adalah rebana Maulid Nabi Muhammad SAW, Seni Bela Diri Silat, Tari Gambyong, Tari Kretek dan sebagai puncak acara, Matra Jepara juga akan menampilkan Wayang Kulit dengan Lakon Semar Boyong.

Pertunjukkan wayang kulit yang terbuka untuk umum dan dihadiri pula oleh sebagian undangan khusus, menceritakan lakon Semar yang mulai diperebutkan banyak orang. Tokoh inilah yang mengemong/ mengasuh para ksatria dan menata kembali sebuah sistem yang menentramkan masyarakat. Alur cerita yang menarik dan nilai moral dari pertunjukkan wayang tersebut akan diulas lengkap dalam puncak acara pementasan seni budaya Nusantara.

Bekerjasama dengan Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) Jepara, Yayasan Dharma Bhakti Lestari, Pemdes Karangnongko, DPRD Provinsi Jawa Tengah, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jepara, PT Central Sari Air Minum, Yayasan Kartini Indonesia dan sebagai media patner ada Suara Baru.id dan Parist.id. (red)