Best Viral Premium Blogger Templates

KBPW Bagikan 400 Nasi Tomplingan di Acara Pembuka Festival Pager Mangkok

parist  id
Minggu, November 27, 2022 | 06:31 WIB
 
Sejumlah siswa dan masyarakat sedang berkumpul untuk memeriahkan festival pager mangkok. Foto : (Annas/Paradigma)


PARIST.ID, KUDUS - Kirab sekaligus ritual doa Pager Mangkok menjadi simbolik pembuka dalam gelaran festival Pager Mangkok 2022. Komunitas Kampung Budaya Piji Wetan (KBPW) menyuguhkan sebanyak 400 nasi tomplingan yang dibagikan kepada ratusan warga, Jumat (25/11/2022).

Nasi yang dibungkus dengan daun pisang tersebut menjadi simbol praktek bersedekah yang diajarkan oleh Sunan Muria. Koordinator Kirab Pager Mangkok, Eko Purnomo mengatakan kirab dan ritual doa pager mangkok ini dimaksudkan untuk melestarikan budaya weweh (bersedekah-red) di tengah masyarakat. Sebagaimana filosofi Pagerono omahmu nganggo mangkok (pagarilah rumahmu dengan mangkuk-red). 

"Lewat filosofi pager mangkok ini, masyarakat diminta untuk senang bersedekah, dan memberi pertolongan kepada liyan, walau sekadar makan dan minum," kata Eko, 

Kirab pager mangkok dalam rangka HUT ke-2 KBPW ini dimulai dari rute awal Panggung Ngepringan menuju Punden Depok Dukuh Piji Wetan Desa Lau, Dawe, Kudus. Gunungan hasil bumi dan nasi tomplingan diarak menuju Depok untuk melangsungkan prosesi dan ritual doa pager mangkok.

"Semua warga piji wetan dari RT 3,4,5,6,7, instansi pendidikan, Ibu PKK, dan masyarakat sekitar turut memeriahkan acara kirab. Tak berselang lama, setelah prosesi ritual doa, 400 nasi tomplingan habis dibagikan ke peserta kirab," tambahnya.

Nasi tomplingan sendiri berisi nasi putih dengan isian berupa sambal, mie, dan tahu tempe yang dibungkus daun pisang. Penggunaan bahan alami tersebut, kata Eko, merupakan karya dari masyarakat Piji Wetan sendiri. 

"Ini menunjukkan bukti bahwa masyarakat harus menjaga alam, nilai-nilai ini yang perlu dilestarikan oleh masyarakat," pungkasnya.

Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa, Lilik Ngesti W mengapresiasi kegiatan Festival Pager Mangkok yang diselenggarakan oleh Kampung Budaya Piji Wetan Kudus. Menurutnya, festival tersebut menjadi angin segar bagi desa lain untuk nguri-nguri budaya dan mengembangkan budaya di daerahnya. 

"Festival ini tentunya menjadi jadi angin segar bagi kami agar desa lain juga bersemangat mengembangkan budayanya lebih adaptif, dikembangkan dan dilestarikan sesuai potensinya," kata dia ditemui usai acara kirab pager mangkok.

Lilik menilai di era sekarang ini, kebudayaan sangat dibutuhkan bagi masyarakat sebagai pola hidup dan pola perilaku dalam menghadapi tantangan zaman.

"Banyak kebudayaan yang tergerus, ini tentu perlu dilestarikan dikembangkan menjadi lebih adaptif, mempunyai kemandirian dan kemampuan mengembangkan potensinya, " tambahnya.


Editor : Mir
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • KBPW Bagikan 400 Nasi Tomplingan di Acara Pembuka Festival Pager Mangkok

Trending Now