Best Viral Premium Blogger Templates

KBPW Kembali Gelar Festival Pager Mangkok dengan Beragam Agenda

parist  id
Selasa, November 22, 2022 | 11:17 WIB

Foto : Istimewa


PARIST.ID, KUDUS - Dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun ke-2,  Komunitas Kampung Budaya Piji Wetan (KBPW) Kudus akan menyelenggarakan Festival Pager Mangkok. Kegiatan ini akan berlangsung pada 25 - 27 November 22 di Dukuh Piji Wetan Desa Lau, Dawe Kudus.

Festival Pager Mangkok merupakan agenda tahunan yang diinisiasi oleh KBPW untuk menumbuhkan kembali semangat bersedekah di masyarakat. Melalui dua falsafah hidup Sunan Muria, yakni tapangeli dan pager mangkok, KBPW ingin menunjukkan pentingnya bersedekah bagi masyarakat luas.

Serangkaian agenda digelar untuk memeriahkan Festival Pager Mangkok kedua ini. Mulai dari kirab dan ritual doa pager mangkok di Punden Depok sebagai agenda inti Festival Pager Mangkok.

Tak hanya itu, juga ada pameran seni diantaranya Kaligrafi, art print, lukisan hingga instalasi. Lebih dari 17 kelompok seni akan menampilkan pertunjukan seni di FPM #2, 16 talent akan memamerkan produk-produk UMKM lokal dari kecamatan Dawe dan sekitarnya.

Untuk pengembangan kebudayaan berbasis desa, akan diadakan Workshop kebudayaan dengan tema "Satgas Adat Istiadat dan Nilai Sosial Budaya Masyarakat". Sebagai puncak acara Festival Pager Mangkok, akan ada pengajian akbar yang diharapkan akan membawa berkah dan doa baik di peringatan ulang tahun KBPW kedua ini.

Koordinator Komunitas Kampung Budaya Piji Wetan Kudus, Muchamad Zaini berharap dengan adanya Festival Pager Mangkok #2 ini, masyarakat kembali menghidupkan makna bersedekah. Sehingga, lanjutnya, konsep Jogo Tonggo yang disampaikan oleh Gubernur Jawa Tengah benar-benar terlaksana dengan baik.

"Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu penyelenggaraan festival pager mangkok nantinya," ucap laki-laki yang akrab disapa Jessy Segitiga itu, Selasa (22/11).

Jessy menambahkan, sudah saatnya masyarakat, generasi muda, pegiat seni dan lainnya yang menjadi subjek atau penggerak dalam pemajuan kebudayaan desa.

"Ini hari masyarakat perlu sadar bahwa banyak program yang bisa dilakukan untuk memajukan kebudayaan desa, masyarakat harus menjadi subjek, bukan lagi objeknya," kata dia.

Rilis

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • KBPW Kembali Gelar Festival Pager Mangkok dengan Beragam Agenda

Trending Now